Mobil Matic Anda Boros Bensin? Lakukan 4 Trik Ini Supaya Semakin Irit!

Dewasa ini semakin banyak orang tertarik untuk memilih mobil jenis matic karena mudah untuk digunakan, terutama pengemudi wanita. Pamor dari mobil matic pun dalam tempo singkat langsung naik daun sehingga banyak vendor mobil menyetorkan rakitan terbarunya. Alhasil pilihannya semakin banyak dan tampil modern dilengkapi dengan aneka fitur yang memukau dan memanjakan pembelinya. Akan tetapi sebagaimana mesin buatan manusia lain, mobil matic pun memiliki kekurangan dan salah satunya adalah konsumsi bahan bakar yang terbilang boros. 

Mesin mobil matic memang sering boros bahan bakar karena penggunaan fluida pada mesin setiap kali mentransfer tenaga. Meskipun terbilang sangat boroalam penggunaan bahan bakar, namun masih banyak cara membuat mobil matic menjadi irit bahan bakar, Seperti yang ada di bawah ini  :

  • Tekan pedal gas secara perlahan,

Cara mobil matic mengkonsumsi bahan bakar adalah ketika memindahkan tenaga, salah satunya ketika menginjak pedal gas. Apabila di injak terlalu dalam dijamin aliran bahan bakar semakin deras dan tangki pun mudah ludes. Padahal ketika transmisi dipindah ke D mobil sudah meluncur secara otomatis, kenapa mesti menginjak pedal gas? Nah, kalau dilakukan konsumsi bahan bakar semakin efisien.

  • Jaga kecepatan mobil tetap stabil,

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bawah proses menginjak pedal gas yang terlalu dalam untuk menjadikan laju mobil lebih cepat. Menjadi tindakan yang membuat tangki bahan bakar mudah kosong saking borosnya maka mulailah belajar mengatur kecepatan laju mobil matic Anda. Lebih dianjurkan untuk menjaga kecepatan secara stabil sehingga pedal gas tidak di injak terlalu dalam dan tidak pula direm mendadak, tentunya membantu menstabilkan konsumsi bahan bakar.

  • Usahakan menjaga jarak saat di jalan raya,

Selain menjaga kecepatan mobil tetap stabil Anda pun baiknya belajar menjaga jarak aman setiap kali mengemudikan mobil matic. Cara ini akan membantu mengatur proses penambahan maupun pengurangan kecepatan mesin. Tidak ada lagi resiko menginjak pedal rem secara mendadak ataupun menginjak pedal gas terlalu dalam kalau jarak Anda aman dengan mobil lainnya. Konsumsi bahan bakar pun menjadi terkontrol lewat pengaturan pedal antara rem dan gas, sederhana saja namun efeknya luar biasa.

  • Ketika berada di tengah kemacetan,

Saat terjebak kemacetan pengemudi mobil matic disarankan paham memindahkan transmisi ke gigi mana supaya bensin tetap irit. Misalnya saja saat terjebak kemacetan parah paling aman memindahkan transmisi ke posisi 2S. ketika transmisi berada pada titik ini maka mobil secara otomatis akan melaju pelan sehingga bahan bakarnya tidak boros. Sedangkan jika melintasi lampu merah dan masih panjang, Anda bisa memindahkan transmisi ke posisi netral supaya mesin tidak menyerap bahan bakar berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *