Tips Rawat Bagasi Mobil Sehingga Selalu Awet dan Tak Mudah Rusak

Mobil memang menjadi pilihan masyarakat saat ini untuk kendaraan yang biasa digunakannya. Memang tak bisa dipungkiri karena dari segi kenyamanan saja mobil lebih nyaman daripada motor. Mobil bisa menghindarkan penumpang dari panas dan hujan, mampu membawa banyak penumpang hingga gengsi pun lebih tinggi. Tak hanya jarak dekat saja, namun umum sekali jika mobil digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh. Salah satu bagian terpenting dan kerapkali dilupakan di mobil adalah bagian bagasi. 

Mungkin Anda sering melakukan pengecekan kondisi mobil bagian mesin hingga eksterior. Namun ada satu bagian yang sangat sering dilupakan yakni bagian bagasi. Bagasi ini penting karena sebagai tempat untuk barang-barang Anda. Untuk itu penting sekali untuk Anda bisa merawat bagasi mobil dengan beberapa tips berikut ini:

  • Persiapan

Pertama, Anda harus persiapkan dulu beberapa alat yang dibutuhkan misalnya air, vakum cleaner, pengharum kabin hingga cairan pembersihnya. Selain itu pastikan jika kabin juga sudah dalam keadaan kosong dari segala barang Anda sehingga proses pembersihannya juga kian mudah. Buang semua sampah dan jika ada barang masih terpakai keluarkan dan simpan dulu.

  • Pembersihan

Jika sudah dipastikan bahwa tidak ada barang lain di bagasi, maka lanjut ke tahap pembersihannya lebih dulu yang bisa dilakukan dengan menggunakan vacum cleaner yang sudah disiapkan sejak awal. Untuk beberapa bagian di bagasi yang tidak bisa dijangkau dengan mudah, maka bersihkan memakai tangan langsung dengan cairan pembersihnya. Anda perlu siapkan lap juga untuk mengelap semua bagian bagasi mobil itu.

  • Pengeringan

Jika semua bagiannya sudah terasa bersih, maka lanjutkan dengan mengeringkannya. Untuk tahap ini Anda hanya perlu menunggu mobil dalam kondisi yang kering secara total karena jika tidak maka akan bisa timbulkan bau yang tak sedap. Buka lebar bagasi mobil dan panaskan di bawah sinar matahari sehingga bisa kering maksimal. Jangan sampai bagasi dalam kondisi lembab sehingga bisa timbulkan jamur. Namun jika kondisi sedang hujan, maka keringkan saja dengan hair dryer sehingga bisa lebih cepat.

Jika semuanya sudah kering, Anda sudah bisa menyimpan kembali mobil Anda. Untuk bisa mengefektifkan dalam penataan barang maka pastikan kebersihan barang yang akan dimasukkan ke bagasi dulu misalnya dari segi roda koper, ban cadangan, peralatan mekanik sederhana atau resiko makanan tumpah nantinya Lalu mulai susun barang dengan arang yang berat usahakan untuk diletakkan di bawah dan kemudian baru barang yang lebih ringan di atasnya. Selain itu jangan sampai tinggi dari barang melebihi pada kursi di sandaran belakang karena akan bisa jatuh ke penumpang di bagian belakang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *