Tips Mengganti Ring Piston Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

Ring piston merupakan salah satu komponen yang dipasangkan pada alur ring atau ring grove pada torak atau piston. Sedangkan untuk komponen mobil ini pun juga memiliki fungsi yang sangatlah penting yang sangat berguna untuk kinerja mobil. Bahkan untuk melakukan pergantian pada piston ini pun juga dapat Anda lakukan di rumah, sehingga Anda tidak perlu untuk membawa mobil ke bengkel, karena Anda masih dapat untuk melakukan perbaikan di rumah Anda sendiri.

Dengan memiliki ring piston yang baik ini pun juga sangatlah penting untuk diperhatikan agar performa pada mobil Anda tetap terjaga dengan sebaik mungkin. Sedangkan untuk gesekan yang telah disebabkan pergerakan piston ini pun sedikit demi sedikit juga akan menggerus ring piston, dengan begitu sifat elastisitasnya pun juga menghilang. Sedangkan untuk ring piston yang mulai mengendur ini pun juga dapat mengurangi pada performa mobil Anda, bahkan hal ini pun juga beresiko dapat menyebabkan kerusakan yang ada pada mesin mobil.

Sebelum mengetahui tata cara melakukan pergantian ring piston di rumah, maka Anda pun dapat untuk mengetahui pada fungsi dari ring piston itu sendiri terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut ini:

  • Dapat mencegah kebocoran campuran pada udara maupun bahan bakar dan gas pembakaran dengan melalui celah pada piston dan dinding silinder ke dalam pada bak engkol pada saat kompresi serta langkah pembuangan.
  • Dapat mencegah oli yang berguna melumasi pada silinder maupun piston masuk pada ruang bakar.
  • Untuk memindahkan panas yang ada dari torak ke dinding silinder yang berguna untuk mendinginkan pada piston.

Jika Anda sudah mengetahui fungsi dari ring piston, maka selanjutnya Anda dapat menggantinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel, yaitu sebagai berikut ini:

  • Persiapkan ring piston yang baru yang sesuai pada kebutuhan mobil Anda.
  • Anda dapat menggunakan tang ring piston untuk pemasangan.
  • Pada saat melakukan pergantian ring piston maka pastikan bahwa mesin tidak dalam keadaan yang panas.
  • Lepas kepala silinder, lalu bersihkan pada kepala atas silinder agar terhindar dari kotoran.
  • Tarik keluar piston dan lakukan pemeriksaan pada kondisi piston.
  • Masukan piston pada cairan kerosin supaya kotoran hilang.
  • Pasang ring piston saat sudah mengering.
  • Pasang kembali seluruh komponen yang sudah dilepas dengan sesuai.

Bagaimana? Mudah bukan untuk melakukan pergantian pada ring piston yang sudah dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah, dan tentunya tidak akan membuat diri Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke bengkel mobil untuk melakukan pergantian ring piston, dengan begitu maka Anda dapat untuk melakukan pergantiannya di rumah Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *