Tips Mempersiapkan Mobil untuk Keperluan Berkendara Jarak Jauh

tips merawat mobilLiburan panjang di akhir tahun akan segera tiba, pastinya Anda sudah bersiap-siap untuk melakukan travelling baik mengunjungi keluarga atau sanak saudara jauh ataupun pergi liburan. Jika Anda hendak menggunakan mobil pribadi sebagai sarana transportasi dalam liburan tersebut, Anda perlu mengingat bahwa bukan hanya Anda saja yang perlu bersiap-siap. Mobil juga perlu dipersiapkan sehingga memiliki kondisi yang prima saat akan berangkat memulai perjalanan. Apa saja yang harus Anda lakukan agar mobil dalam kondisi prima untuk menghadapi kemungkinan macet dan panjangnya rute yang harus dilalui? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan mobil untuk melakukan perjalanan jauh.

  • Ganti oli mobil.

Gantilah oli mobil dengan oli baru agar mesin terasa lebih ringan. Kondisi jalan raya dalam suasana liburan pastinya sarat akan kemacetan. Dengan oli baru diharapkan mesin tidak cepat panas ketika terus menerus digunakan melawan macet di jalan raya tersebut.

  • Mengisi air karburator.

Jangan lupa mengisi air karburator hingga penuh dan membawa air bersih untuk bekal mengisi air karburator di jalan raya.

  • Mengecek kondisi ban mobil.

Ban mobil menjadi bagian keselamatan yang sangat penting. Cek tekanan angin yang ada, tambahkan atau kurangi jika perlu. Jangan lupa untuk membawa ban cadangan yang sudah dalam kondisi siap digunakan. Peralatan untuk mengganti ban juga harus dipersiapkan dan dibawa untuk memudahkan Anda ketika terjadi ban kempis saat tidak ada tambal ban disekitar Anda.

  • Mengecek kondisi aki.

Aki yang masih baik akan menghasilkan starter otomatis yang berfungsi normal. Jika Aki sudah hampir habis atau perlu di strum sebaiknya segera Anda lakukan agar menghindari mobil yang tidak bisa dihidupkan kembali di perjalanan.

  • Mencuci mobil.

Membawa mobil untuk dikendarai berarti Anda memamerkan mobil Anda di jalan raya. Pastinya mobil yang bersih dan terawat akan terlihat lebih baik dibandingkan dengan mobil yang kotor dan kumal.

Selain mempersiapkan mobil secara fisik dan kondisi mesinnya, Anda juga bisa melakukan persiapan lain seperti mengecek jalur yang akan dilalui secara online sehingga bisa menentukan rute yang akan dilewati agar durasi perjalanan menjadi lebih cepat. Lokasi SPBU atau masjid dan layanan umum lainnya bisa juga Anda survey terlebih dahulu sehingga dapat menentukan akan beristirahat di mana ketika malam hari.

Selain kondisi mobil dan jalanan, kondisi pengemudi juga sangat penting untuk diperhatikan. Bawalah bekal secukupnya untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di hari-hari liburan. Lakukan istirahat selama minimal 30 menit setiap melakukan perjalanan selama 3 atau 4 jam. Senam kecil juga bisa membantu Anda menyegarkan tubuh setelah melakukan perjalanan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *