Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok di Lingkungan Pegunungan

Ban merupakan komponen mobil yang memiliki konstruksi yang kompleks. Pemilihan ban yang sesuai dapat mengantisipasi kecelakaan yang kemungkinan terjadi. Keamanan dan kenyamanan merupakan syarat utama dalam memilih ban untuk mobil pribadi. Tidak semua model konstruksi ban cocok untuk jenis mobil tertentu. Jadi pemilihan ban sangat penting demi keselamatan pengendara.

Kondisi alam di Indonesia yang beraneka ragam membutuhkan berbagai jenis ban yang cocok untuk keadaan lingkungan tertentu. Banyak masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pegunungan dengan medan yang terjal dan berbatu. Kondisi demikian menyebabkan kegiatan mobilitas sedikit terhambat. Untungnya mobil yang diimpor Indonesia telah disesuaikan dengan medan yang ada sehingga terdapat berbagai jenis mobil dengan konstruksi ban yang berbeda-beda. Sehingga masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan tidak perlu khawatir akan keselamatan berkendara.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ban untuk lingkungan pegunungan yang cenderung basah dan berbatu diantaranya adalah pertama memilih ban sesuai kebutuhan dan sesuai tipe mobil. Wilayah pegunungan cenderung memiliki curah hujan yang tinggi sehingga jenis ban yang cocok adalah dengan pola tapak “V”. pola tapak tersebut memiliki daya cengkram pada aspal dengan sangat baik khususnya jika melewati genangan air. Jadi jangan sampai salah memilih ban yang tidak dibutuhkan.

 Langkah kedua adalah memperhatikan ukuran besar/kecil ban yang sesuai dengan velg dan lebar ban. Ban yang lebih besar daripada velg tidak akan muat begitu pula sebaiknya sehingga pilih pan yang pas dengan velg. Lebar ban berpengaruh pada daya cengkram ban sehingga menghindari tergelincir di jalanan. Jadi dapat menghindari resiko terjadinya kecelakaan.

Langkah ketiga adalah memperhatikan ketebalan ban. Pilih ketebalan normal atau lebih karena ban yang terlalu tipis menyebabkan velg cepat rusak. Ban mudah pecah jika melalui medan yang jelek. Pengisian angin pada ban lebih baik dilakukan pada pagi hari. Hal tersebut dikarenakan udara pagi masih dingin sehingga ban tidak memuai. Gas yang cocok untuk ban mobil adalah nitrogen. Nitrogen mengandung unsur yang dapat membuat ban lebih tahan lama.

Selain langkah-langkah diatas perawatan ban juga perlu dilakukan. Salah satunya adalah rutin membersihkan kerikil-kerikil yang menempel pada ban. Biasanya di daerah pegunungan belum semua jalanan beraspal sehingga kemungkinan kerikil yang menempel di ban semakin besar. Oleh karena itu pembersihan rutin diperlukan. Apabila ban tidak dibersihkan dari kerikil, ban akan lebih rentan kempes akibat tekanan dari kerikil tajam. Oleh karena itu, lebih baik memilih ban yang sesuai dan melakukan perawatan ban secara rutin untuk menjaga ban lebih tahan lama dan terhindar dari bahaya. Perawatan dilakukan secara keseluruhan komponen yang ada pada mobil jadi tidak hanya salah satu saja karena dapat berakibat fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *