Pastikan Pasang Alat Keamanan Mobil Tambahan untuk Menghindari Aksi Pencurian

 

Pengaman mobil merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko pencurian. Anda tentu tahu bahwa angka pencurian kendaraan terus meningkat setiap tahunnya sehingga memberikan alat keamanan mobil ekstra pada kendaraan menjadi pilihan tepat. Meskipun setiap mobil telah dilengkapi sistem pengaman, namun para pencuri ternyata lebih lihai membongkar setiap sistem

pengaman tersebut.

 

Bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk memberikan pengaman ekstra pada mobil Anda, maka Anda datang di tempat yang tepat. Berikut ini beberapa alat pengaman mobil yang bisa diaplikasikan pada kendaraan Anda, yaitu:

 

  1. Kunci pengaman mobil:

 

  • Kunci setir adalah salah satu pengaman terbaik sehingga pergerakan mobil terkunci dengan optimal. Kunci stir ini dipasang dengan cara dikaitkan pada stir mobil dengan komponen rem atau kopling atau bahkan gas sehingga membuat mobil tidak dapat bergerak.
  • Selain itu ada juga kunci tuas persneling yang dipasang mengelilingi bagian tuas persneling dan membuat tuas tidak bisa bergerak.
  • Ada juga kunci roda atau spanner yang umumnya terbuat dari baja bertekstur keras sehingga tidak mudah aus. Mekanisme kunci roda adalah dengan mengaitkan velg pada mobil sehingga membuat mobil tidak dapat bergerak. Dengan begitu, keamanan mobil lebih terjamin.

 

  1. Alarm

Pemasangan alarm pada mobil bertujuan agar bunyi peringatan akan terdengar apabila ada gangguan yang terjadi pada mobil. Selain itu ada juga tanda seperti klakson berbunyi, atau lampu yang menyala. Produk alarm terbaru bahkan bisa mengirim sinyal GSM lewat telepon. Dengan pemasangan alarm, maka pemilik mobil bisa bertindak secara cepat saat bahaya datang.

 

  1. Immobilizer

Immobilizer adalah alat keamanan mobil dimana sistem pengamannya ditempatkan pada mobil. Sistemnya yaitu dengan mencocokkan kode kunci dengan kode yang ada di perangkat mobil sehingga jika kode tidak sama, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan.

 

  1. GPS pengaman

Dengan penempatan GPS pada mobil, maka pencurian terhadap mobil Anda akan terdeteksi dengan lebih mudah. Anda cukup mencari posisi mobil pada koordinat yang ditunjukkan oleh GPS sehingga menemukan mobil Anda pun menjadi lebih mudah.

 

  1. Chip Kontak

Sistem keamanan pada chip kontak ini adalah dengan memanfaatkan sensor dimana sensor tersebut hanya mampu membaca kunci kontak mobil. Dengan pemasangan sensor di kap mobil, maka apabila kap mobil dibuka paksa, akan memberikan tanda berupa alarm yang berbunyi sehingga Anda bisa bertindak cepat. Ada beberapa jenis sensor yang digunakan, diantaranya sensor bayang dan juga sensor getar.

 

  1. Sling

Kawat baja atau sling juga bisa Anda gunakan sebagai alternatif pengaman tambahan bagi mobil. Dengan kawat sling yang susah diputus dan ditambah lagi dengan gembok hardened, maka akan mempersulit pencuri dalam menerobos. Anda juga bisa menambahkan kaca anti pecah di bagian kaca mobil demi menghindari pemecahan kaca oleh pencuri yang gagal saat membongkar sling.

 

Itulah beberapa alat keamanan mobil yang bisa Anda pasang pada kendaraan sehingga meminimalisir resiko pencurian yang kini semakin meningkat. Pencuri di era modern semakin pandai dalam menjalankan aksinya sehingga Anda sebagai pengguna kendaraan juga harus semakin cerdas. Dengan penambahan alat pengaman tersebut, maka Anda akan lebih tenang saat membiarkan mobil terparkir di area umum atau meninggalkannya di garasi rumah. Pastikan juga untuk memiliki nomor telepon darurat sehingga Anda bisa langsung melakukan panggilan saat ada tindak kejahatan terjadi berupa pencurian atau perampokan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *