Mengulas Tentang Perbedaan Antara Oli Mobil Sintetik dan Semi Sintetik

Pengguna mobil baru mungkin akan sedikit dibingungkan ketika harus memilih jenis oli yang akan digunakan untuk mobil baru mereka. Biasanya oli yang digunakan akan terus kembali digunakan untuk waktu yang lama sebagai merk oli langganan sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kualitas serta budget yang dimiliki. Di pasaran sendiri ada 2 jenis oli untuk mobil yaitu oli sintetik dan oli semi sintetik. Kedua jenis oli ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan sebenarnya memiliki kekhususan tersendiri untuk jenis mobil tertentu. Jika Anda belum mengerti akan memilih oli jenis apa, berikut ini adalah uraian perbedaan mengenai kedua jenis oli tersebut sebagai gambaran umum untuk Anda.

Kata sintetis berarti buatan atau menggunakan bahan dasar kimiawi. Oli sintetik berarti oli yang dibuat dari senyawa kimia dan bukannya dari minyak bumi seperti pada oli non sintetik. Bahan kimia yang digunakan untuk oli sintetik adalah Poly ester, Phospate ester, polyglicol, PAO. Dengan bahan sintetik yang diolah secara kimiawi ini oli bisa dipakai untuk melumasi dengan lebih baik karena bahan-bahan tersebut memang diproses untuk keperluan sebagai pelumas mobil. 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh oli sintetis dibandingkan dengan oli semi sintetis yaitu:

  1. Memiliki daya lumas lebih tinggi dari oli non sintetik.
  2. Waktu ganti yang lebih panjang yaitu di atas 10.000 km.
  3. Tidak meninggalkan kerak di mesin.
  4. Tahan temperatur tinggi sehingga mesin lebih aman digunakan dalam perjalanan panjang atau kecepatan tinggi.
  5. Suara mesin lebih halus.

Dari berbagai kelebihan di atas, oli sintetik sangat baik digunakan untuk mobil balap atau mobil dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk oli semi sintetik, seperti namanya merupakan campuran antara bahan alami yaitu oli mineral atau minyak bumi dengan oli sintetik dengan perbandingan tertentu. Campuran tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan oli mineral sehingga menjadi pelumas yang lebih baik dibandingkan oli non sintetik. Kelebihan oli semi sintetik adalah pada harga jualnya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan oli sintetik. Kualitas melumasinya juga lebih baik dibandingkan dengan oli mineral.

Penggunaan oli jenis sintetik dan semi sintetik memiliki pengkhususan tersendiri yang disesuaikan dengan harganya. Untuk jenis oli sintetik sebaiknya digunakan untuk mobil buatan di atas tahun 1990. Oli sintetik juga sebaiknya tidak digunakan untuk motor kecuali motor dengan mesin matic. Sedangkan untuk oli semi sintetis bisa digunakan untuk mobil buatan sebelum tahun 1990 hingga sekarang. Dengan masa pakai lebih pendek dari oli sintetik, oli semi sintetis tidak cocok untuk mobil balap karena daya lumasnya yang kurang bisa mumpuni penggunaan dengan durasi lama dalam satu kali perjalanan. Jadi anda tidak akan salah pilih ketika melakukan perawatan penggantian oli yang cocok untuk kendaraan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *