Mengulas Tentang Bahan Bakar yang Cocok untuk Mesin Mobil Anda

Saat ini masyarakat hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Sepeda motor memang lebih merakyat dibandingkan mobil tetapi kini mobil pun mulai meningkat jumlah pengendaranya. Daya beli masyarakat terhadap mobil semakin tinggi sehingga permintaan terhadap barang tersebut semakin tinggi. Terutama di perkotaan jumlah mobil semakin meningkat setiap tahunnya.

Peningkatan jumlah mobil yang ada di masyarakat menyebabkan bertambahnya permintaan terhadap bahan bakar atau yang sering disebut BBM. Perusahaan pemerintah yang menyediakan produk berupa BBM menawarkan berbagai jenis bahan bakar kendaraan mulai dari yang paling murah hingga yang mahal. Meskipun demikian harga yang ditetapkan masih dapat dijangkau oleh masyarakat. BBM yang dimaksud adalah premium, pertalite, pertamax, pertamax plus, pertamax racing, bio solar da pertamina dex. Jenis-jenis BBM tersebut bisa saja bertambah atau berkurang tergantung perusahaan yang menyediakannya.

Premium merupakan jenis bahan bakar yang paling populer di Indonesia karena harganya yang paling murah. Selain harganya yang murah BBM jenis premium juga memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran pada tangki. Sebelum BBM jenis pertalite diperkenalkan di masyarakat, premium dijual secara ecer di hampir semua tempat sehingga mudah ditemukan. Setelah pertalite muncul di pasaran, penjualan ecer premium digantikan. Meski harganya lebih tinggi daripada premium, kualitas pertalite ternyata lebih baik. Pertalite lebih irit dan mesin tidak cepat panas dibandingkan menggunakan premium.

Bagi Anda yang mengutamakan performa mobil daripada harga BBM lebih baik gunakan BBM jenis pertamax. Pertamax mengandung zat yang dapat membersihkan logam dari kotoran dan mencegah terjadinya karatan pada komponen mesin mobil anda. Pembakaran dalam mesin menggunakan pertamax akan sempurna. Keunggulan-keunggulan tersebut tidak ditemukan pada premium dan pertalite selain harganya yang lebih murah.

Selain pertamax ada pula pertamax plus yang telah memenuhi standar bahan bakar internasional. Kelebihan pertamaxplus diantaranya adalah dapat membersihkan mesin dari endapan kotoran, ramah lingkungan, irit, mesin terasa ringan dan terutama kinerja mesin lebih optimal. Meski memiliki berbagai keunggulan pertamax plus juga memiliki kelemahan yaitu tangki bahan bakar semakin menipis. Akibatnya tangki bahan bakar tersebut dapat bocor. Selain itu harga pertamax plus juga lebih mahal dibandingkan premium, pertalite dan pertamax.

Bahan bakar yang paling mahal adalah pertamax racing karena fungsinya pun lebih baik. Setelah pertamax racing, harga yang paling mahal selanjutnya adalah pertamina dex. Pertamina dex difungsikan untuk kendaraan bermotor yang menggunakan mesin diesel tetapi BBM jenis ini jarang dijumpai. Kendaraan bermotor yang menggunakan mesin diesel juga dapat menggunakan BBM berjenis biosolar. Biosolar memang ramah lingkungan tetapi produksinya di Indonesia masih belum maksimal. Anda tinggal memilih bahan bakar mana yang cocok untuk mesin mobil Anda. Apabila Anda menginginkan mesin mobil anda lebih awet sebaiknya pilih BBM jenis pertamax atau pertamax plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *