Ini Dia Berbagai Fitur Keamanan Pada Kendaraan Roda Empat

Dibandingkan dengan motor atau kendaraan roda dua, mobil merupakan alat transportasi yang lebih aman dan nyaman. Selain bisa memuat penumpang lebih banyak, mobil bisa melindungi penumpangnya dari terpaan angin dan hujan serta terik panas matahari. Di dalam mobil penumpang juga akan merasa lebih nyaman apalagi dengan adanya fitur hiburan seperti mp3 player, video CD, AC dan sebagainya. Selain dari pada itu, mobil juga memiliki fitur keamanan yang jauh lebih lengkap dibandingkan motor yang bisa memberikan jaminan keselamatan lebih untuk para penumpang.

Harga mobil saat ini tidak semahal beberapa waktu yang lalu sehingga mobil sudah bisa dikatakan bukanlah barang mewah lagi. Meski begitu, mobil yang beredar saat ini tetap memiliki fitur keamanan yang bisa menjadi kelebihannya dibandingkan kendaraan roda dua. Apa saja fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil untuk menjaga penumpangnya? Berikut ini adalah beberapa contoh untuk Anda.

  • Automatic air bag.

Automatic air bag terdapat di kabin bagian depan. Berbentuk seperti bantalan yang secara otomatis akan muncul dan menggembung saat mobil bagian depan mengalami benturan yang hebat. Bantalan berisi udara tersebut diharapkan dapat menahan kepala dan badan penumpang dari membentur dashboard atau bahkan kaca mobil bagian depan sehingga resiko terjadinya cidera bisa diminimalisir. Ada 2 buah air bag yang tertanam di belakang dashboard penumpang di samping sopir dan di bagian stir sopir untuk keselamatan kedua penumpang.

  • Seat belt.

Seat belt merupakan sabuk pengaman yang ada di bagian samping tempat duduk penumpang. Sebagian type mobil hanya memiliki 2 buah seat belt yang berada di kabin depan, namun sebagian lainnya juga sudah menambahkan seat belt di kabin belakang. Seat belt sudah menjadi alat keamanan yang wajib digunakan oleh para penumpang mobil. Gunakan dan kencangkan seat belt Anda sebelum berkendara agar sabuk bisa menahan badan sehingga tidak terjungkal kedepan saat mobil di rem mendadak atau saat terjadi benturan yang dahsyat. Meski sederhana namun seat belt terbukti mencegah terjadinya cidera yang lebih parah di banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

  • Bumper body.

Bumper mobil di bagian depan, belakang dan samping juga menjadi alat keamanan yang bisa diandalkan untuk mencegah benturan mempengaruhi penumpang di dalam mobil. Dengan bumper yang kuat benturan akan bisa ditahan hingga mobil tidak penyok dan melukai penumpang.

Beberapa fitur keamanan di atas tidak akan ditemukan di kendaraan roda dua yang memang kurang memiliki alat keamanan. Dengan menggunakan mobil selain penumpang akan terhindar dari cuaca buruk selama di perjalanan juga bisa meminimalisir terjadinya cidera ketiak terjadi kecelakaan dengan berbagai fitur keamanan yang ada seperti yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *