Ini Dia Beberapa Komponen Rem Mobil yang Harus Anda Ketahui

Mobil memang memiliki begitu banyak komponen yang semuanya berguna untuk menjalankannya dan juga membuat pemakainya menjadi lebih aman dan nyaman ketika mengendarai kendaraan tersebut. Salah satu komponen yang paling penting dan tidak boleh sampai rusak adalah rem. Komponen ini ada juga yang berjenis tromol, yaitu memakai dua kampas yang berbeda dan berbentuk seperti mangkuk, serta dapat menekan bagian pinggirannya ke luar. Rem ini banyak dipakai karena memiliki braking power yang terbilang cukup tinggi. Namun, rem ini tidak bisa digunakan secara mendadak, jadi Anda harus mengeremnya dari kejauhan. Rem ini memiliki beberapa komponen yang harus Anda ketahui, agar jika ada sesuatu yang salah terjadi, Anda sudah tau penyebab kerusakan pada rem dan bagaimana cara memperbaiki rem mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

  • Backing Plate

Dalam rem tromol, ada sebuah komponennya yang bernama backing plate yang merupakan sebuah piringan yang terbuat dari logam yang tipis dan terletak pada bagian belakang dari sistem rem ini. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai rangka yang juga melindungi beberapa komponen yang dimiliki oleh jenis rem ini. Biasanya, komponen ini berbentuk lingkaran yang memiliki banyak tonjilan dan juga lubang. Tonjolan dan lubang tersebut diciptakan untuk dapat berfungsi sebagai penyesuaian dari semua bagian dari rem tromol agar semua bagian dapat bekerja dengan baik dan juga maksimal.

  • Silinder Roda

Silinder roda ini berfungsi sebagai pengubah tekanan jenis fluida menjadi mekanis. Komponen ini pun terdiri dari berbagai bagian, yaitu:

  1. Piston, dapat mengubah tekanan jenis hidrolik menjadi mekanis.
  2. Spring, dapat mengembalikan posisi dari piston seperti awal mulanya.
  3. Piston Boot, berupa karet yang memang didesain secara khusus dan berfungsi sebagai seal untuk mencegah adanya kebocoran.
  4. Bleeder Nut, sebuah bagian khusus yang berfungsi membuang udara yang ada dalam saluran hidrolisnya.
  5. Wheel Cylinder Housing, rumah dari silinder roda yang berbentuk silinder terbuat dari logam.
  • Sepatu Rem dan Kampas

Komponen ini merupakan sebuah tempat dimana kampas rem akan diletakkan. Komponen ini memiliki dua buah besi berbentuk setengah lingkaran. Jika komponen ini membuat lingkaran, maka pengereman pun dapat dilakukan. Selain itu, kampas rem yang terdapat pada komponen ini biasanya terbuat dari bahan keramik yang organic. Biasanya bagian ini ditempelkan dengan menggunakan lem pada permukaannya. Jika ingin mengganti bagian ini, Anda juga harus mengganti keduanya, tidak bisa hanya satu saja.

  • Return Spring

Bagian ini berfungsi untuk mengembalikan sepatu rem ke posisi semulanya ketika proses pengereman sudah selesai. Komponen ini memiliki dua jenis pegas, yaitu:

  1. Upper Spring, berada di atas dan memiliki fungsi untuk mengembalikan sepatu rem ke posisi menutup.
  2. Lower Spring, terletak dekat adjuster dan berfungsi sebagai penjaga dari sepatu rem agar dapat menekan adjuster dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *