Ini Dia 3 Jenis Cat Mobil yang Sering Digunakan untuk Modifikasi

Tak bisa dipungkiri jika seandainya tampilan eksterior kendaraan memang menjadi bagian yang sangat penting yang selalu diperhatikan oleh pemiliknya, karena hal ini memang sangat mempengaruhi nilai estetik, sehingga tidak heran jika seandainya banyak diantara pemilik mobil yang kemudian mengeluarkan jutaan rupiah bahkan sampai puluhan juta hanya untuk mendapatkan nilai estetik yang tinggi, apalagi jika dilihat memang eksterior ini menjadi bagian terpenting yang dilihat pertama kali oleh orang lain.

Juga termasuk komponen yang paling sering mengalami resiko, salah satu contohnya adalah kerusakan karena benturan atau goresan yang membuat body mobil menjadi tidak lagi sempurna. Mau tak mau tentunya Anda harus mengeluarkan uang untuk perbaikan. Seiring dengan berjalannya waktu maka tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya body luar kendaraan ini pasti akan mengalami masalah, salah satu yang paling sering adalah pada bagian catnya yang mulai timbul goresan, mengelupas hingga tak jarang terbentuk pengkaratan. Hal itu pula yang menjadi salah satu faktor mobil tidak terlihat menarik, Semuanya sudah pasti membuat keindahan dari kendaraan tersebut menjadi turun bukan.

Sebenarnya untuk cat luar ini sendiri bisa diganti secara mudah, mengingat ada banyak sekali bengkel yang menyediakan fasilitas untuk pengecatan ulang. Hanya saja tentu memakan biaya yang tidak sedikit, hal ini biasanya juga dikhususkan untuk beberapa kalangan yang ingin melakukan modifikasi ada tampilannya agar lebih bagus. Sebelum memutuskan untuk mengganti catnya, maka ketahui terlebih dahulu jenis-jenis pilihan cat berkualitas yang digunakan untuk modifikasi mobil, diantaranya adalah:

  1. Cat Duco atau yang dikenal sebagai bahan nitro cellulose, jenis yang satu ini termasuk favorit masyarakat untuk digunakan untuk menambal lapisan cat yang sudah tergores, tentunya untuk skala kecil memang menawarkan kualitas yang bagus, namun tidak untuk skala besarnya, apalagi dari segi harganya juga tergolong cukup murah. Sehingga membuat jenis cat yang satu ini juga mudah pudar.
  2. Cat oven atau poly urethane, jenis lainnya yang juga tak kalah populer di kalangan masyarakat adalah cat oven ini. Harganya termasuk cukup mahal, namun sebanding dengan kualitasnya yang ada satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan duco, sehingga tidak mudah memudar ketika digunakan. Selain itu jenis cat yang satu ini juga membuat tampilan atau body kendaraan menjadi semakin mulus.
  3. Cat lacquer, produk yang satu ini menggunakan bahan tinner atau juga solvent organik, meskipun dari segi hasilnya terbilang bagus, namun berdasarkan penelitian cat ini ternyata kurang ramah lingkungan dan berpotensi menyebabkan beberapa jenis gangguan kesehatan, sehingga sangat berbahaya. Itulah mengapa banyak pabrikan yang sudah menghentikan produksinya.

Kenali pilihan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan juga ada budget yang cukup sebelum memutuskan untuk mengecat ulang body kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *