Ini Dia 4 Efek Buruk Kalau Telat Ganti Oli Mobil

Oli menjadi salah satu kebutuhan yang wajib tersedia di dalam mesin mobil maupun mesin jenis lainnya untuk bisa bekerja dengan optimal. Pemilik mobil sudah tentu memahami pentingnya oli ini bagi mesin mobil kesayangannya, sehingga tidak ragu merogoh kocek lebih dalam. Supaya bisa membeli oli terbaik dengan kualitas paling tinggi untuk memastikan mesin mendapatkan pelumas yang bekerja secara maksimal. Setelah membeli oli terbaik usahakan untuk menggantinya secara rutin, jangan sampai telat karena dampaknya akan sangat mengerikan.

Supaya memiliki kesadaran penuh untuk ganti oli mobil tepat waktu maka kenali dampak jika sampai terlupa dan telat. Adapun dampak buruk atau negatifnya tidak ganti oli terlalu lama antara lain:

  • Performa mesin akan menurun,

Tidak mengganti oli mesin memang tidak membuatnya kering kerontang namun kualitas oli lamanya semakin hari semakin memburuk. Kondisi ini membuat performa mesin mengalami penurunan sehingga tidak nyaman lagi dipacu dengan kecepatan yang lebih tinggi. Ketika melaju di jalanan yang kurang mulus pun dijamin akan sangat menjengkelkan, maka ganti oli secara berkala untuk kenyamanan maksimal di setiap perjalanan.

  • Bahan bakar menjadi lebih boros,

Peran oli mobil adalah sebagai pelumas untuk memastikan gesekan antar komponen di dalam mesin tidak terlalu berlebihan. Kalau gesekan ini berlebihan dijamin mudah aus dan tarikan mesin menjadi berat sehingga lajunya nyaris seperti keong. Ketika oli mobil terlalu lama tidak diganti secara otomatis tarikannya menjadi berat, alhasil konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih banyak dibanding sebelumnya. Biaya yang dikeluarkan pun akan membengkak karena mobil boros bahan bakar, usahakan untuk rajin ganti oli.

  • Suara mesin mobil semakin berisik,

Fungsi utama oli mesin pada mobil sebagai zat pelumas antar komponen di dalam mesin memastikan tarikan mobil ringan. Kemudian gesekan pada setiap komponen akan lebih terbatas sehingga komponen tersebut tidak mudah aus. Sayangnya kalau Anda kebetulan lalai untuk ganti oli dan cukup lama dijamin gesekan antar komponen semakin parah. Kehausan komponen atau onderdil membuat suara mesin mobil cenderung berisik sehingga tidak semerdu ketika baru dibeli. Berbeda kalau rajin ganti oli dijamin suara mesin senantiasa halus.

  • Mesin mobil mudah terlalu panas,

Selain untuk melumasi onderdil mesin mobil, oli ini juga punya fungsi untuk mendinginkan mesin mobil tersebut. Ketika oli ini cukup lama tidak diganti maka kualitasnya akan mengalami penurunan dan semakin drastis ketika mobil aktif digunakan. Resiko mobil mengalami peningkatan suhu atau overheating akan semakin besar dan merusak semua komponen di dalam mesin. Anda tentu akan lebih sering mendapati mobil mogok atau AC tidak berfungsi maksimal ketika overheating terjadi, maka catat jadwal ganti oli supaya tak terlupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *