Cara Tepat Merawat Mobil Matic Baru Agar Tidak Mudah Rusak

Mobil matic dikenal dengan kemudahan dan kenyamanannya saat berkendara. Dibilang mudah karena pengemudi tidak perlu mengganti ‘gigi’ atau tuas transmisi sehingga mobil jenis ini sangat cocok bagi pemula yang baru belajar menyetir mobil. Namun, mobil matic ini memerlukan perawatan yang lebih dari mobil manual. Mobil ini sangat rentan akan kerusakan pada bagian mesinnya dan penting untuk pemiliknya memperhatikan dan merawat mobil tersebut. Maka berikut adalah cara-cara merawat mobil matic agar awet dan pengemudi dapat memakainya dalam waktu yang lama:

  • Panaskan Mobil Sebelum Memakainya

Memanaskan mesin mobil sebelum memakainya adalah cara biasa yang digunakan untuk menjaga kualitas mesin mobil. Cara ini berlaku untuk semua jenis mobil juga. Meski memang tidak terlalu sulit, namun hal ini tidak boleh dilupakan oleh pengemudinya, terutama pengemudi mobil matic. Jika mobil matic tidak dipanaskan terlebih dahulu, maka mesin mobil akan terganggu. Saat memanaskan mobil matic, hal yang harus diperhatikan adalah tuas transmisi harus ada dalam posisi N atau Netral.

  • Mengganti Oli dengan Teratur

Untuk mobil matic yang masih baru, Anda perlu mengganti oli nya secara teratur demi kelangsungan mesinnya. Oli sangat penting bagi mesin mobil karena dapat membuat bagian-bagian mesin tahan lama. Jika Anda telat mengganti oli, maka mesin pun akan mengalami kerusakan pada transmisinya. Anda harus menggunakan oli khusus untuk mobil matic dan sangat direkomendasikan untuk menggantinya sendiri jika mobil sudah menempuh jarak lebih dari 80.000 km. Selain itu, Anda juga harus mengganti oli transmisi karena sering terjadi kebocoran pada gasket transmisi.

  • Servis secara Berkala

Semua jenis mobil memerlukan servis secara berkala demi merawat mesin mobil matic mau pun manual. Dengan melakukan servis, Anda bisa memperbaharui mobil sehingga nyaman dan aman saat dikendarai pengemudinya. Selain itu servis berkala ini biasanya diajukan setiap kalinya oleh produsen atau penjual mobil tersebut. Servis ini juga termasuk dalam aturan garansi yang juga diberikan oleh sang produsen mobil.

  • Merawat Interior dan Eksterior Mobil

Untuk mobil matic yang masih baru, penampilan luar mobil tentu sangat penting bagi Anda. Untuk merawat penampilan mobil, Anda dapat membersihkannya secara rutin paling sedikit 1 kali dalam seminggu. Anda bisa membawanya ke car wash atau mencucinya sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan bagian dalam mobil. Bagian dalam mobil perlu dibersihkan secara rutin. Dengan memakai pembersih khusus Anda tidak perlu bingung untuk membersihkannya. Dengan membersihkan jok mobil dan lantai mobil menggunakan vacuum cleaner juga sangat efektif. Dengan ini, bagian dalam mobil akan terbebas dari debu dan kotoran-kotoran yang dibawa dari sepatu Anda dan dari berbagai sumber lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *