Cara Tepat Merawat Ban Mobil yang Bisa Dilakukan Pemula

Mobil yang menjadi salah satu kendaraan yang berguna untuk mengantarkan Anda kemana saja sesuai dengan keinginan Anda misalnya untuk perjalanan jauh. Agar mobil tetap bisa digunakan dengan maksimal dengan performa yang baik. Namun, bagi pemula, biasanya penanganan seperti perawatan dan pemeliharaan diserahkan ke bengkel. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin menghemat biaya atau ingin mandiri, Anda bisa memulai belajar cara merawat mobil dengan merawat ban terlebih dahulu.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil Anda. Hal yang paling mendasar adalah dengan menggunakan tekanan angin yang tepat. Untuk ban, tekanan angin yang tepat yaitu sekitar 30-33 psi untuk jenis mobil MPV, 28-31 untuk jenis mobil sedan. Akan tetapi, jika kendaraan Anda sering digunakan untuk membawa penumpang yang cukup banyak, maka biasanya bisa diisi dengan tekanan 32-33 psi. Sedangkan jika hanya sering digunakan sendiri bisa menggunakan tekanan minimum yaitu 30-31 psi. Namun, pastikan jika Anda membaca tulisan mengenai tekanan ban yang direkomendasikan dan jangan sampai melebihi tekanan maksimal tersebut karena resiko ban meledak lebih besar.

Kedua adalah hindari mengemudikan kendaraan lebih besar dibandingkan dengan kemampuan ban. Di masing-masing ban tersebut tertera batas dari kemampuan ban membawa beban. Anda harus menghitung beban total mobil dan bagi dengan 4 untuk melihat apakah beban yang akan dibawa, baik barang atau penumpang, dengan menggunakan mobil tersebut. Jika membawa barang yang lebih berat dibandingkan dengan beban maksimal dari ban maka tidak hanya bisa menyebabkan resiko ban meledak semakin besar namun juga membuat handling mobil menjadi sulit.

Ketiga adalah jangan mengemudi di luar batas kecepatan dari kemampuan ban. Pada ban tidak hanya tertera kemampuan beban maksimal yang bisa ditanggung, namun juga batas kecepatan yang bisa ditaklukkan ban. Jika Anda mengemudikan kendaraan Anda melebihi batas kecepatan tersebut, maka bisa berakibat hal yang fatal misalnya selip. Keempat adalah dengan selalu membersihkan ban secara rutin. Anda bisa mencuci ban dengan bersih saat Anda mencuci kendaraan roda empat Anda tersebut. salah satu cara merawat ban yang satu ini pun penting dilakukan. Jika Anda baru saja melintas di jalanan yang berlumpur. Setelah digunakan, sebaiknya langsung hilangkan lumpur yang menempel pada ban. Hal tersebut disebabkan jika kotoran seperti lumpur dibiarkan terus bisa menyebabkan lumpur mengeras, susah dibersihkan dan karet ban menjadi getas. Akibatnya ban yang getas tersebut akan menjadi rusak, mudah robek dan tidak layak digunakan.

Kelima adalah dengan memperhatikan masalah dari keseimbangan mobil. Karena hal tersebut jika mobil Anda sudah dirasa tidak seimbang saat mobil digunakan, segera lakukan spooring dan juga blanching. Jika tidak, ban yang tidak seimbang tersebut dapat menghabiskan tapak ban dengan cepat serta merusak dari komponen kaki mobil yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *