Cara Mengganti Sendiri Ban Mobil dengan Benar dan Tepat

Banyak hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi kapanpun saat Anda sedang mengemudikan mobil Anda, salah satunya adalah mengalami ban bocor mau pun kempes. Jika hal ini terjadi, hal yang biasa Anda lakukan adalah memanggil teman untuk menjemput Anda, menelepon pihak bengkel untuk menggantikan ban yang kempes atau bocor, atau menunggu dan mencari orang disekitar Anda yang bisa membantu untuk mengganti ban tersebut. Tapi, bagaimana jika tidak ada seorang pun yang bisa diminta tolong untuk menjemput mau pun mengganti ban Anda? Tentu Anda sendiri pun harus mengerti bagaimana cara mengganti ban saat bocor atau kempes. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti ban kendaraan Anda:

  • Longgarkan Baut pada Ban

Sebelum Anda melakukannya, ada baiknya menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban, yaitu dongkrak, ban pengganti, dan kunci roda. Setelah semua sudah siap, Anda bisa memulai dengan melonggarkan baut pada ban yang bermasalah. Untuk melonggarkan baut cara yang paling mudah adalah melonggarkan baut yang berseberangan. Ulangi secara terus menerus sampai semua baut menjadi longgar. Jangan sampai baut terlepas, disini yang Anda perlukan hanya mengendorkannya.

  • Pasang Dongkrak dan Mencopot Baut

Setelah itu, Anda bisa memasangkan dongkrak pada bagian bawah mobil kemudian dongkrak dengan menggunakan besi yang ada di samping ban mobil. Lalu pompalah dongkrak melalui menaikkan dan menurunkan tuas pengungkit sampai mobil terangkat. Sebelum memompa, Anda harus memastikan bahwa dongkrak berada dalam posisi lurus pada besi yang akan menjadi tumpuannya. Setelah itu, Anda dapat melonggarkan lagi baut ban tersebut hingga terlepas. Tapi pastikan terlebih dahulu jika mobil sudah terangkat sepenuhnya, jadi akan mudah untuk mengeluarkan ban tersebut.

  • Pasang Ban dan Kencangkan Baut

Setelah ban bermasalah sudah tercopot dari tempatnya, pasanglah ban baru atau ban cadangan ke mobil Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa ban cadangan sudah dalam posisi yang benar. Jika mengalami kesulitan saat memasukkan ban cadangan, Anda harus mencoba untuk menggoyang-goyangkan ban ke kiri dan kanan agar ban tersebut dan masuk dengan mudah ke tempatnya. Lalu yang terakhir Anda harus lakukan adalah memasang semua baut yang ada. Saat sudah selesai memasang semua baut dan memastikan bahwa baut tersebut sudah terpasang dengan kencang, maka Anda boleh menurunkan dongkrak pelan-pelan. Sebelum dongkrak dikeluarkan, Anda perlu memastikan bahwa mobil Anda sudah dalam posisi yang benar.

Dengan ini, Anda tidak perlu repot-repot memanggil orang atau menelepon pihak bengkel atau mencari orang disekitar Anda hanya untuk mengganti ban Anda yang bermasalah. Anda sendiri akan mampu mengganti ban sesuai dengan instruksi yang diberikan diatas. Memang pada awalnya memerlukan waktu yang lama hanya untuk mengganti ban sendiri, namun lama kelamaan Anda akan merasa mengganti ban mobil pun akan menjadi hal yang sangat mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *