Cara Memilih Mobil Bekas dengan Kualitas yang Masih Bagus

Berbicara tentang mobil tidak akan habisnya karena begitu banyak hal yang menarik untuk diulas. Selain mobil baru, mobil bekas sangat menarik untuk diulas. Tak jarang masyarakat tertarik membeli mobil bekas. Mobil bekas biasanya memiliki daya tarik sendiri, biasanya mobil antik, harganya murah dan masih terlihat baru. Namun ada beberapa hal yang terkadang disepelekan oleh pembeli mobil bekas, terkadang hanya melihat dari tampilan luar dan juga hanya mendengar review terkait mobil dari penjual mobil.

Ada beberapa kesalahan yang seringkali terjadi saat membeli mobil bekas, salah satunya tidak menanyakan sejarah mobil secara detail. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir resiko di masa yang akan datang. Hal-hal yang mungkin perlu ditanyakan adalah apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan, apakah mobil tersebut bekas karena disita oleh perusahaan, pertanyaan detail-detail terkait mobil akan menentukan kualitas mobil.

Selain itu, seringkali pembeli tidak memperhatikan catatan servis rutin kendaraan. Hal ini perlu diperhatikan juga untuk melihat performa mesin dan mengetahui apa saja mesin-mesin atau fitur kendaraan yang telah diganti. Pilihlah mobil dengan catatan servis rutin berkala karena akan sangat baik untuk digunakan kedepannya. Kesalahan lainnya adalah pembeli tidak mengerti tentang mesin mobil, terburu-buru ketika melakukan test drive sehingga tidak mengetahui tenaga mobil untuk jarak yang jauh, dan juga tidak membandingkannya dengan mobil lain. Perbandingan ini diperlukan supaya pembeli dapat memilih mobil yang jauh lebih baik.

Setelah menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi selama pembelian mobil bekas, hal-hal lain juga perlu diperhatikan. Tempat pembelian mobil juga menentukan kualitas mobil, lebih baik membeli mobil dengan penjual atau pemilik pertama mobil karena hal tersebut sangat memudahkan pembeli untuk mengetahui sejauh dan spesifikasi mobil. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah bagian luar mobil, untuk mengecek goresan atau kerusakan pada tampilan fisik mobil. Setelah melakukan pengecekan pada bagian luar, saat pembeli melakukan test drive alangkah baiknya pembeli memperhatikan starter mobil yang tidak tersendat saat dinyalakan, memastikan indikator dan speedometer menyala dengan baik, perhatikan suara mesin, getaran pada mesin dan gas buang pada knalpot mobil.

Setelah pembeli yakin dengan mobil yang telah dicoba, dapat langsung melakukan transaksi apabila langsung bertemu dengan penjual atau pemilik pertama mobil. Namun apabila ingin membeli mobil di showroom alangkah lebih baiknya mencoba beberapa mobil pilihan. Hal ini diperlukan untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil. Mobil bekas yang dipilih haruslah mobil dengan kualitas yang baik supaya biaya yang dikeluarkan untuk pembelian mobil sesuai dengan perkiraan, sehingga meminimalisir pengeluaran tambahan untuk memperbaiki mobil. Setelah itu lakukan pengecekan surat-surat mobil yang lengkap beserta nota pembelian mobil. Mobil bekas yang dibeli telah siap digunakan untuk keseharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *