Cara Memilih Ban Mobil yang Nyaman Digunakan untuk Perjalanan Anda

Mobil tidak hanya berbicara tentang mobil baru dan mobil bekas. Mobil tidak hanya berbicara penambahan aksesoris untuk memperindah tampilan luar dan dalam mobil. Mobil juga berbicara tentang bagian yang penting. Ban adalah satu bagian kendaraan yang menjadi penggerak. Ban berfungsi menahan beban, menahan guncangan, meneruskan gaya gerak dan pengereman pada permukaan jalan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Ban yang digunakan pada mobil haruslah diperhatikan karena ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Untuk memilih ban yang baik perlu diperhatikan beberapa hal seperti ban berdasarkan kebutuhan. Memilih ban sesuai kebutuhan berarti menggunakan ban yang sesuai dengan mobil untuk mengurangi pengeluaran bila menggunakan ban yang tidak sesuai. Kemudian, perhatikan tipe ban mobilmu. Beberapa tipe ban seperti huruf ‘P’ atau Passenger untuk mobil penumpang, huruf ‘LT’ atau Light Truck untuk truk yang beratnya sedang, huruf ‘ST’ atau Special Trailer diperuntukkan untuk mobil trailer, huruf ‘T’ atau Temporary ditujukan sebagai ban cadangan, dan huruf ‘R’ berarti ban merupakan jenis ban radial.

Setelah memilih tipe ban, perhatikan ukuran ban mobil yang digunakan. Ukuran ban mobil terdapat setelah penulisan tipe ban mobil, ukuran ban yang digunakan harus sesuai dengan velg mobil. Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan velg akan membuat ban mobil sulit terpasang. Jadi, pilihlah ukuran ban mobil yang sesuai dengan velg mobil. Setelah itu, perhatikan lebar ban. Lebar ban akan mempengaruhi daya cengkram dan kecepatan mobil. Semakin lebar ban maka daya cengkeramannya semakin kuat dan menambah kecepatan mobil. Pola tapak ban mobil juga diperlukan untuk kenyamanan dan pada saat pengereman. Gunakanlah pola tapak yang didesain normal karena akan memberi kenyamanan untuk digunakan sehari-hari.

Memperhatikan ketebalan ban dan kode kecepatan ban juga merupakan hal yang penting dalam memilih ban mobil. Ban yang tebal cenderung tahan terhadap kondisi jalan jelek dan membuat velg lebih tahan lama daripada ban yang tipis. Ban yang tipis cenderung mudah rusak jika digunakan pada kondisi jalan jelek. Ban memiliki kecepatan terbatas, kode kecepatan dapat dilihat pada bagian belakang setelah kode ukuran ban. Menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi harus memperhatikan kondisi ban yang dapat bertahan pada batas kecepatan maksimalnya.

Untuk menjaga kondisi ban supaya tetap baik, lakukan pemeriksaan tekanan ban secara berkala. Pengisian angin lebih baik pada pagi hari karena suasana masih dingin dalam ban tidak memuai. Gunakan nitrogen untuk kualitas yang baik dibandingkan pompa ban biasa. Jauhilah lubang di jalan untuk menghindari aus pada ban. Selain itu juga, sesekali bersihkan kerikil-kerikil kecil yang terdapat pada sela-sela ban mobil karena akan berpengaruh terhadap tekanan dalam dan juga aus pada ban. Dengan pemilihan yang baik dan perawatan yang teratur ban mobil lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *