Bikin Mobil Makin Hemat BBM, Pakai Cara Ini Saat Nyetir

Kamu merasa kendaraan lebih rakus terhadap bahan bakar (BBM). Sebaiknya, jangan langsung menyalahkan sang kendaraan. Coba cek cara menyetirnya setiap hari. Apakah kamu tipe yang doyan ngebut, atau mudah terpancing menaikan akselerasi ketika didahului kendaraan lain? Jika iya, sebaiknya simak artikel yang bisa bikin mobil makin hemat BBM dengan menyiasati cara mengendarainya.

  • Cek dulu hal di bawah ini

Percayalah, konsumsi bahan bakar sebuah mobil dipengaruhi banyak hal. Misalnya kondisi mesin yang sehat dan tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selain itu kondisi lalu lintas yang dilalui juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan kendaraan kamu memang sehat dan jalanan yang dilewatinya baik-baik saja alias lancer jaya. Sehingga, selanjutnya kamu bisa memerhatikan gaya mengemudi hemat BBM, yang
dimulai dariā€¦

  • Selalu injak pedal gas dengan lembut

Hal itu bisa membuat mobil akan berakselerasi dengan halus pula. Dengan menekan pedal gas secara halus, pasokan bahan bakar ke mesin tidak akan berlebihan. Start pelan. Targetnya 5 detik kecepatan mencapai 20 km jam, injak pedal secara halus buka pedal gas tidak penuh. Prinsipnya sederhana: kalau kita tidak harus ngerem ya jangan mengerem.

  • Jaga putaran mesin atau RPM serendah mungkin

Putaran mesin yang rendah itu akan memberikan konsumsi BBM lebih irit dibanding putaran tinggi atau rpm tinggi. Artinya kalau kamu mau berkendara dengan efisien, usahakan mengoper gigi di kisaran RPM 1.500-2.200 untuk mesin bensin dan RPM 1.100-2.000 untuk mesin diesel.

  • Manfaatkan momentum ketika berkendara

Kapan momentum itu ada? Contohnya saat menghadapi turunan, kamu tidak perlu melulu menginjak pedal gas, biarkan mobil meluncur saja. Sebaliknya, bila akan melewati tanjakan kamu sudah mulai membangun kecepatan mobil dari jauh. Jangan baru mulai melakukan akselerasi ketika dekat dengan tanjakan. Hal ini bisa membuat mobil
kamu jadi lebih boros.

  • Perhatikan perubahaan transmisi

Pada mobil transmisi manual lakukan perpindahan gigi di putaran mesin yang rendah atau di bawah 2.200 rpm. Jangan di bawah itu, ataupun di atas itu, karena akan memaksa mesin mobil kamu bekerja lebih keras yang berimbas pada borosnya BBM. Bagaimana dengan mobil transmisi otomatis? Ini lebih mudah, namun tidak bisa kamu sepelekan. Kamu hanya perlu menginjak pedal gas dengan halus aja, maka secara otomatis perpindahan gigi
selalu terjadi di putaran rendah.

  • Lakukan deselerasi atau pengereman dengan halus juga.

Pengereman yang mendadak berperan besar membuat konsumsi bbm menjadi lebih boros. Sebab, , untuk kembali ke kecepatan semula, kamu harus mengompensasinya dengan menginjak pedal gas lebih dalam. Ketika pedal gas diinjak dalam, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan juga semakin banyak. Manfaatkan pengereman dengan tenaga mesin dengan cara pindahkan gigi secara teratur.

  • Hindari kemacetan

Mengapa macet membuat mobil jadi lebih boros? Sebab, mobil yang sering berhenti, konsumsi bbm saat itu adalah 0 km/l. Semakin banyak kamu menghindari titik kemacetan, tentunya konsumsi bbm yang didapat akan semakin minim.

  • Matikan beban untuk mesin, seperti AC

Terakhir, matikan AC jika tidak perlu Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan jika tidak diperlukan atau saat kita melaju di cuaca yang sejuk. Atau, bisa juga atur AC mobil pada suhu 22-23 derajat. Kalau AC terlalu dingin, kompresor akan bekerja keras sehingga membebani mesin. Coba dan rasakan mobil kamu pasti tidak akan menjadi serakus itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *