Beberapa Cara Tahan Menyetir Mobil di Jarak Panjang

Kecelakaan terbanyak yang terjadi di Indonesia adalah dari transportasi darat. Tentunya miris sekali jika melihat berita selalu ada saja kecelakaan yang terjadi. Alasan yang paling sering terjadi adalah karena pengemudi mengemudi dengan jarak yang jauh dan seringkali memaksakan diri meski lelah atau mengantuk. Kesalahan yang sering dianggap sepele ini bisa jadi sangat berakibat fatal bagi diri sendiri, penumpang atau pengendara jalanan lainnya. Jadi jika Anda memang merasa bahwa Anda sudah kelelahan, maka jangan ragu untuk berhenti dan istirahat. Jangan biarkan anda terjun ke dalam adegan yang berbahaya, ketahuilah cara berkendara yang benar jika ini merupakan perjalanan jauh pertama anda.

Bagi Anda yang ingin kuat dan tahan menyetir lama di jalanan dengan jarak yang jauh, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Menyetir sesudah istirahat

Agar bisa kuat menyetir dalam waktu yang lama, maka pastikan untuk Anda menjaga kualitas istirahat Anda. Penting sekali memastikan jika Anda punya waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu jika memang sudah merencanakan ingin menyetir di jarak yang jauh, maka ada baiknya jika istirahat terlebih dulu sebelumnya sehingga tubuh bisa kuat dan fit.

  • Jaga stamina dan juga psikis

Agar bisa kuat menyetir, stamina dan psikis juga harus terjaga selalu. Pastikan untuk mengemudikan kendaraan ketika kondisi psikis juga baik. Kadang orang yang sedang dalam kondisi stres kerapkali kurang fokus dalam menyetir sehingga justru membahayakan pengendara lainnya. Untuk menambah kesantaian dan fokus Anda, maka ada baiknya jika Anda bisa menyetel musik favorit atau dengan bercengkrama dengan penumpang lainnya.

  • Fokus tapi tidak monoton

Alasan lainnya yang menjadikan pengendara kerapkali kecelakaan adalah karena berkendara secara monoton. Memang Anda tidak diperkenankan untuk menyetir dengan melakukan aktivitas lain bersamaan, namun bukan berarti Anda harus monoton menyetir. Dikhawatirkan Anda akan mengantuk sehingga justru bahaya. Jadi lakukan aktivitas lain juga misalnya makan camilan, dengarkan radio atau musik atau mengunyah permen sehingga mata tetap terjaga.

  • Hindari alkohol

Agar bisa kuat dalam menyetir di waktu yang lama, yang pasti dan harus dihindari adalah alkohol. Alkohol bisa memberikan pengaruh pada kesadaran seseorang sehingga menjadikan pengemudi tidak fokus. Selain alkohol, hindari juga obat-obatan. Obat yang dimaksud bisa narkoba atau obat biasa. Tentunya alasan menghindari narkoba sudah jelas. Selain itu untuk menghindari obat biasa karena biasa memberikan efek mengantuk setelahnya.

Agar mata Anda bisa terus menerus terjaga, ada baiknya jika Anda bisa minum kopi sebelumnya. Dengan demikian maka mata akan lebih melek selama perjalanan. Selain itu jika memang berkendara di jarak jauh, maka usahakan untuk mengajak teman sehingga dirinya bisa dijadikan teman berbincang selama di perjalanan agar Anda tidak suntuk atau mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *