6 Tips Merawat AC Kendaraan Agar Selalu Dingin

Mobil sekarang ini memang dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan, sehingga membuat penggunanya sendiri betah berlama-lama untuk menggunakan kendaraan tersebut. Juga beberapa fungsi hiburan yang memungkinkan mereka tak akan bosan di tengah jalanan yang padat akan lalu lintas. Salah satu komponen terpenting yang harus ada di dalam kendaraan saat ini adalah AC atau pendingin. Apalagi ketika digunakan untuk berkendara di jalanan yang padat dan pada siang hari tentunya akan sangat panas berada di dalam kendaraan kecil tersebut, jadi paling tidak Anda harus memiliki pendingin ruangan ini. 

Hanya saja pada beberapa kondisi memang ada kalanya AC kendaraan tidak bekerja secara baik, sehingga menggunakan pendingin atau tidak rasanya tetap terasa gerah. Tentunya ada rasa kurang nyaman buka, apalagi pada dasarnya Anda memang sudah sejak lama memasang pendingin tersebut. Memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan udara tak lagi dingin meskipun sudah digunakan AC, seperti kotor ataupun disebabkan oleh masalah, untuk itu berikut ini beberapa tips perawatan ac mobil, diantaranya adalah:

  1. Menjaga kebersihan karper mobil, pada dasarnya karpet termasuk dalam bagian yang sangat penting saat Anda tengah menginjakkan kaki kedalam mobil, selalu saja membawa debu, bersihkan secara teratur karena ternyata ini berdampak pada fungsi filter yang ada pada AC, membuatnya mudah sekali kotor jika kondisi karet juga kotor.
  2. Ketika tengah mencuci mobil tersebut maka ada baiknya membuka kap mesin kemudian menyemprotkan AC ke kondensor, sehingga hal ini membantu dalam menjaga kebersihannya, kondensor biasanya adalah bagian yang paling rentan ditempeli oleh debu, dengan menjaganya tetap bersih membuat fungsinya juga kian meningkat.
  3. Pilihlah tempat parkir kendaraan yang teduh, jangan semata-mata di tinggal di kawasan yang panas, karena ternyata hal ini juga sangat mempengaruhi kondisi mesin atau AC. Karena terlalu lama terkena panas, menyebabkan bagian dalamnya juga panas, membutuhkan waktu cukup lama untuk mendinginkannya, menggunakan AC.
  4. Ketika dipakai untuk menempuh perjalanan jauh, maka jangan langsung menghidupkan Ac, melainkan ada kalanya untuk mematikan selama beberapa saat sebelum kemudian menghidupkannya kembali di tempat yang benar-benar panas, ketika AC kendaraan dipaksa bekerja terlalu keras, mempengaruhi kondisi mesinnya yang akan jadi mudah rusak.
  5. Gunakan extra fan di bagian depan kondensor, bagian yang akan mudah panas karena kinerja terlalu lam adalah kondensor, jadi manfaatkan kipas kecil yang ada untuk pendinginan, sehingga tidak bekerja terlalu keras.
  6. Jangan merokok di dalam kendaraan, apalagi ketika AC dinyalakan, hal ini akan menyebabkan evaporator terlalu banyak menampung nikotin, sehingga menyebabkan udara menjadi tidak sedap.

Itulah langkah-langkah mudah yang dapat digunakan untuk perawatan Ac dalam mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *