4 Tips Aman yang Wajib Diterapkan Saat Mengemudi Mobil

Selama ini jumlah pengemudi mobil yang mengabaikan tata krama dalam berlalu lintas masih cukup banyak, apakah Anda salah satunya? Semoga tidak, karena ketika mematuhi semua aturan di dalam berlalu lintas maka keamanan dan keselamatan semua pengguna jalan akan merasakannya. Bermula dari satu pengemudi kemudian menular ke pengemudi lain yang berada di dekat Anda sehingga jangan mengabaikan kebutuhan tersebut. Mematuhinya tentu tidak sulit dan hadiahnya adalah menikmati perjalanan dan selama sampai tujuan, sehingga tidak harus berurusan dengan rumah sakit dan pihak berwajib.

Untuk memastikan kegiatan mengemudi mobil lebih aman maka pahami aturan dalam berlalu lintas serta aturan selama mengemudikan mobil tersebut. Beberapa tips aman berkendara berikut dijamin akan sangat membantu:

  • Memperhatikan posisi kaca spion,

Kaca spion bukanlah pajangan semata melainkan komponen penting yang menunjang keselamatan selama berkendara. Pengemudi mobil pun diwajibkan menata posisi kaca spion untuk mengetahui kondisi jalanan di belakangnya. Supaya setiap kali berbelok ataupun mengubah kecepatan mobil tidak mengganggu keselamatan pengemudi lainnya. Pastikan pula kaca spion dalam kondisi bersih sebab kalau buram dan kotor fungsinya tidak akan maksimal.

  • Mengatur jarak aman selama mengemudi,

Jarak aman selalu ditegaskan kepada setiap pengguna jalan untuk diperhatikan dengan seksama dan dipatuhi. Sebab dengan mengatur jarak aman dijamin resiko banting setir, mengerem secara mendadak, dan ikut terseret kecelakaan bisa dihindari. Anda bisa tetap nyaman selama mengemudi meskipun mobil di depan mengalami kecelakaan sehingga penting untuk diperhatikan. Hindari terburu-buru menyalip kendaraan di depan sebab juara di jalan raya bukan milik pengguna jalan biasa melainkan para pembalap di sirkuit.

  • Mengatur emosi ketika mengemudi,

Ketika sudah sangat hati-hati dalam mengemudikan mobil tetap akan ada kemungkinan merasa tidak nyaman dengan tabiat pengguna jalan lainnya. Sebagai contoh adalah ketika disalip secara mendadak dan membuat Anda kaget serta langsung menepikan mobil. Secara umum reaksi orang adalah marah, mulai dari sekedar melontarkan kalimat istighfar sampai memaki-maki. Menjaga emosi dan mengaturnya selama di jalan sama pentingnya dengan mematuhi rambu lalu lintas, supaya perjalanan berakhir dengan selamat.

  • Menggunakan sinyal setiap kali bermanuver,

Mobil oleh pabrik yang merakitnya dibekali dengan beberapa jenis lampu dan tentunya bukan sekedar pemanis penampilan saja. Melainkan masing-masing lampu memiliki fungsi yang meningkatkan keselamatan pengemudinya saat berkendara maupun keselamatan pengguna jalan lainnya. usahakan memanfaatkan lampu ini sebaik mungkin terutama saat bermanuver sehingga tidak asal belok, tidak asal pindah ruas jalan, dan tidak asal yang lainnya. Jaga kenyamanan pengguna jalan lain dengan memanfaatkan lampu sign ataupun sekedar membunyikan klakson ketika masuk ke tikungan jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *