4 Tips Aman Mengemudi Mobil Tanpa Rasa Kantuk

Keahlian mengemudi tentu sangat berharga, sama berharganya dengan mobilhttp://mobiportal.net yang di kemudikan tersebut. Ketika menikmati kegiatan mengemudi usahakan untuk mempersiapkan diri dengan baik supaya perjalanan tidak hanya nyaman namun juga terjamin aman. Terdapat beragam resiko ketika melintasi jalan raya meski naik mobil sekalipun yang notabenenya terbilang kendaraan paling aman ketimbang jenis lainnya. Salah satu penyebab resiko kecelakaan adalah mengemudi dalam kondisi mengantuk, pernahkah Anda merasakannya? Dijamin pernah, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh semisal saat mudik ke kampung.

Mengantuk ketika mengemudi bisa berakibat fatal, tidak hanya menyebabkan Anda mengalami kecelakaan namun juga menyeret pengguna jalan lainnya. Maka penting untuk mengemudi dalam keadaan terjaga dan supaya bisa dilakukan, Tips berkendara dengan aman :

  • Sudah makan minimal 30 menit sebelum mengemudi,

Perut kosong ketika mengemudi membuat Anda berhenti sejenak untuk makan, dijamin makan nasi dan olahan lain yang mengandung karbohidrat. Tindakan ini akan membuat rasa kantuk mudah menyerang padahal perjalanan masih harus diteruskan. Maka dianjurkan untuk makan sekitar setengah jam sebelum mengemudi, supaya tubuh bugar dan mata segar rasa kantuk tidak akan menyerang.

  • Hindari konsumsi obat-obatan yang membuat kantuk,

Bagi Anda yang kebetulan memiliki jadwal mengkonsumsi obat pertimbangkan untuk tidak diminum sebelum mengemudi. Naik mobil sembari minum obat atau sebelumnya selang beberapa menit bisa memicu rasa kantuk karena sebagian besar obat menimbulkan rasa ngantuk. Cobalah dikonsumsi setelah mengemudi, sehingga rasa kantuk datang namun tidak ketika Anda masih sibuk membawa mobil di tengah jalan. Tindakan ini jelas jauh lebih aman dan bisa diaplikasikan.

  • Menggerakkan mata ketika merasa lelah,

Saat mengemudi bisa jadi mata Anda terlalu lama fokus ke depan memperhatikan jalan, rupanya tindakan ini bisa memicu rasa kantuk. Bagi yang pemula dalam mengemudi kerap kali takut untuk menoleh sejenak ketika membawa mobil sehingga pandangan mata selalu lurus ke depan. Perjalanan pendek mungkin tidak masalah, hanya saja akan berbeda untuk perjalanan jauh dimana membuat mata mudah lelah. Usahakan untuk sesekali menggerakkan mata ke berbagai sisi agar mata tidak terlalu kering dan lelah, cara ini efektif mencegah kantuk.

  • Cobalah mengemudi sambil mendengarkan musik,

Mengalihkan fokus ke hal lain selain jalan di depan mata juga membantu mencegah rasa kantuk menyerang pengemudi. Anda bisa memanfaatkan perangkat audio mobil untuk memutar lagu-lagu favorit, sehingga bisa sembari bernyanyi sepanjang perjalanan. Namun pastikan volume audio ini tidak berlebihan karena berdasarkan survei di lalu lintas beberapa kasus kecelakaan terjadi karena pengemudi mensetting volume audio terlalu keras. Sehingga mempengaruhi emosi saat mengemudi yang memicu kecelakaan, sehingga atur volumenya supaya emosi terkontrol dan kantuk anti mendekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *