4 Perawatan yang Wajib Dilakukan Agar Mobil Tidak Rusak

Tidak menutup kemungkinan Anda perlu pergi keluar kota atau keluar negeri sehingga mobil akan ditinggalkan di rumah. Meninggalkan mobil selama beberapa hari sampai beberapa minggu tentu butuh perlakuan khusus agar tidak rusak atau error. Ketika dipakai kembali setelah perjalanan selesai ditunaikan, kerusakan memang lumrah ditemui karena idealnya mobil digunakan secara rutin. Kalaupun tidak digunakan bepergian minimal mesin sudah dipanaskan supaya aki tidak soak begitu pula dengan oli, bensin, dan lain sebagainya yang punya peran vital pada mobil.

Ketika mobil nantinya akan terparkir selama perjalanan dilakukan maka usahakan untuk melakukan beberapa perawatan khusus agar mobil tidak rusak ketika ditinggal. Berikut tips yang wajib untuk dilakukan:

  • Cucilah mobil terlebih dahulu,

Sebelum bepergian dan meninggalkan mobil di rumah maka usahakan untuk dicuci dulu supaya ketika kembali mobil tidak terlalu kotor. Sekalipun perlu dicuci setidaknya tidak membuat Anda kewalahan karena nodanya ringan bukan noda membandel. Mencucinya bisa seperti biasa, dan tunggu kering baru kemudian ditutup dengan kain penutup mobil atau cover mobil sehingga senantiasa dalam kondisi bersih.

  • Parkir di tempat aman dan teduh,

Meninggalkan mobil untuk waktu lumayan lama tentu tidak aman jika menempatkannya di area yang rawan dan mudah disatroni maling. Usahakan tidak meninggalkan mobil di tepi jalan terbuka, dan ketika tidak memiliki pagar rumah segera buat garasi di depan rumah Anda. Manfaatkan lahan terbatas sekalipun untuk disulap sebagai garasi yang aman bagi mobil Anda, sebab ketika di tinggal pergi lumayan lama nantinya perlu mencari tempat teduh agar tidak terbakar oleh sinar matahari.

  • Cabut kabel aki sebelum pergi,

Kerusakan pada aki adalah hal paling lumrah terjadi pada mobil yang tidak pernah dipakai untuk waktu yang lama. Kemudian akan semakin mudah soak ketika mobil tersebut tidak dipanaskan mesinnya secara teratur. Berhubung akan di tinggal pergi dan kebetulan tidak ada yang bisa diberi amanah untuk memanaskan mesin mobil secara teratur. Maka cabut saja kabel aki untuk mencegahnya tekor selama tidak dipakai, cabut dulu kabel negatif baru kemudian kabel positif agar tidak rusak. Tindakan ini membantu melindungi aki supaya tetap awet.

  • Tinggikan posisi ban mobil Anda,

Sediakan stand jack sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh, entah mudik, perjalanan bisnis, atau mungkin liburan selama sepekan atau lebih. Stand jack bisa dipergunakan untuk meninggikan posisi ban mobil yang akan di tinggal pergi lumayan lama. Meninggikan posisi ban ternyata efektif menjaga posisi ban tetap pada tempatnya dan tidak bergeser maupun rusak. Sebab ketika mobil terparkir cukup lama beban ban mobil akan meningkat sehingga mudah bergeser, kalau posisinya ditinggikan dijamin aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *