4 Kiat Mudah yang Bisa Anda Lakukan Supaya AC Mobil Selalu Dingin

Kini AC pada mobil memiliki peran vital apalagi dipastikan semua mobil keluaran terbaru diberi fasilitas satu ini. Sehingga berbeda dengan mobil antik bergaya retro yang dijamin belum memiliki fasilitas AC di dalamnya. Kalau untuk zaman sekarang AC menjadi standard dalam memilih mobil sebab mobil tanpa AC ibarat makan sop tanpa ampas di dalamnya. Kurang sekali sensasinya dan seolah mengemudi menjadi pengalaman yang membosankan dan menjadi mengerikan ketika cuaca terik luar biasa. 

Mengingat AC menjadi sumber kenyamanan ketika mengemudikan mobil maka wajar jika menaruh perhatian berlebihan pada AC agar tetap terjaga dinginnya. Apalagi kalau rusak biaya perbaikannya mahal dan membeli yang baru pun semakin mahal, sehingga usahakan merawatnya dengan beberapa kiat berikut ini:

  • Cari parkir di tempat teduh,

Ketika memarkir mobil kesayangan selalu cari lokasi yang teduh entah dilindungi oleh pepohonan maupun memilih parkir di dalam gedung. Tujuannya untuk menghindari teriknya matahari meningkatkan suhu di dalam kabin mobil. Ketika sering terjadi maka suhu mobil meningkat dan ketika AC dinyalakan membuat kompresor bekerja terlalu keras, alhasil mudah soak.

  • Menjaga kebersihan interior mobil,

Kepemilikan mobil ber-AC memberi tanggung jawab tambahan untuk merawat AC tersebut supaya tetap dingin. Menjadikannya awet bisa dengan banyak cara dan salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan interior mobil. Selalu cuci bagian dalam mobil dan bersihkan semua sampah yang berada di dalamnya baik besar maupun kecil. Bagian karpetnya pun baiknya rajin dicuci supaya tidak banyak debu menempel disana. Kalau interior mobil kotor kondensor AC mudah tertutup kotoran dan membuatnya mudah rusak.

  • Hindari membuka kaca jendela ketika AC diaktifkan,

Pada saat mengemudikan mobil dan mengaktifkan AC maka penting sekali untuk memastikan semua jendela mobil tertutup rapat. Manfaatkan pengunci otomatis untuk memastikan kaca jendela tidak ada yang turun sekecil apapun. Ketika sengaja membuka jendela mobil padahal AC mobil dinyalakan tentu akan memperberat kinerja kompresor AC. Sesekali terjadi mungkin tidak menjadi masalah namun lain soal jika terlalu sering, dijamin umur AC mobil tidak lebih panjang ketimbang jagung yang ditanam dari benih hingga akan dipanen.

  • Rajin membersihkan kondensor AC mobil,

Selain menjaga kebersihan interior mobil yakni di kabin dan semua bagian-bagiannya, tentu wajib pula memperhatikan kebersihan AC mobil Anda. Cobalah untuk melepaskan kondensor AC kemudian mencucinya supaya tidak ada kerak kotoran yang mengisi kondensor tersebut. Kotoran yang menumpuk memang lumrah karena kondensor berfungsi menyaring udara yang dihasilkan dan diserap oleh AC mobil. Namun kalau kotorannya terlalu banyak tentu akan menyumbat aliran udara dari dan ke AC sehingga mudah sekali rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *